Cara Menghafal Al-Quran dengan cepat baik dan tidak mudah lupa



Menghafal itu bukanlah sesuatu yang sulit, namun sesuatu yang mudah. Bila kita beranggapan menghafal itu sulit,maka menghafal akan selamanya terasa sulit bagi kita.Jadi tanamkanlah dalam hati dan pikiran kita bahwa menghafal itu merupakan sesuatu yang sangat mudah.
Saya akan memberikan beberapa metode agar kita semua bisa menghafal Al-Qur'an dengan cepat dan tidak mudah lupa. berikut metodenya:
1. Niat kan menghafal Al-Qur'an semata-mata karena ikhlas karena Allah. Dengan keikhlasan dan semua ketulusan kita kepada Allah,niscaya rasa malas atau enggan untuk menghafal akan sirna. Karena semua itu kita lakukan untuk Allah.
2. Menghafal dengan cara membaca satu lembar Al-Qur'an berulang-ulang selama 7x , baru setelah kitu kita memulai menghafal. Karena bila kita mengulang bacaan,kita akan terbiasa dengan bacaan tersebut dan hafal letak huruf-hurufnya.
3. Tulislah ayat-ayat yang sedang kita hafal,agar kita dapat mengurangi kesalahan tajwid dan tanda baca pada Al-Qur'an,Tulis berulang-ulang selama 7x setelah itu tulis tanpa melihat bacaan selama 7x. Jika tulisan kita masih salah-salah,maka ulangi terus sampai kita hafal tulisannya.
4. Jangan pindah hafalan sebelum kita hafal halaman yang kita hafal
5. Lakukan hal diatas setiap hari terus menerus secara kontinou
6. Dan lakukan muroja'ah setiap hari,kita sisakan beberaa jam waktu kita untuk mengulang hafalan agar hafalan kita tidak hilang.

Hanya itu metode-metode yang bisa saya bagi untuk teman-teman semua,semoga bermanfaat
Wallahu'alam

Comments

  1. Bagus sekali. Kmau ini jama`ah ya aku juga . Ikut tafidul alquran alhamdulillah jaza kallahu khoiro

    ReplyDelete

Post a Comment